Friday, June 21, 2013

Bunga Duka Cita

Kematian merupakan rahasia Illahi yang sewaktu-waktu bisa menimpa siapa saja. Setelah terjadinya kematian maka ada kehidupan yang mengirinya. Kehidupan yang terjadi setelah mati banyak terkenal dengan sebutan surga dan neraka. Kedua tempat tersebut diyakini keberadaannya dan hanya amal perbuatan di dunia lah yang akan menentukan dimana kita berada setelah mati. Banyak umat manusia yang kurang mempercayai adanya kehidupan tersebut.


Fenomena maut adalah salah satu fenomena yang paling jelas dan kuat bagi mahkluk hidup. Semuanya ingin mempertahankan hidupnya. Para filosof memiliki dua pandangan yang bertolak belakang tentang hidup. Ada yang pesimis sehingga memandang hidup ini sebagai suatu yang berat, penuh kesedihan, dan kesulitan lalu berakhir dengan maut yang berarti kepunahan. Ada juga yang optimis menilai hidup sebagai penghormatan dan tanggung jawab yang dapat berakhir dengan kebahagiaan dan kekekalan yang baru diperoleh melalui maut. Tanpa kita sadari, keyakinan bahwa setiap saat kita bisa dijemput kematian memiliki pengaruh yang amat besar bagi kehidupan seseorang. Begitupun keyakinan adanya kelanjutan hidup setelah kematian. Dalam islam secara tegas mengajarkan bahwa tiada seorangpun yang bisa menemani dan menolong perjalanan arwah kecuali akumulasi dari amal kebaikan kita sendiri.

Dengan kematian yang pasti akan datang maka akan banyak upacara kematian yang akan diselenggarakan. Tepat rasanya jika mengirimkan bunga krans duka cita dan bunga duka cita kepada keluarga yang ditinggalkan sebagai ungkapan rasa perhatian dan kehilangan yang juga kita rasakan.

No comments:

Post a Comment